PASAR OLIGOPOLI

Sabtu, 04 Mei 2013

Pengertian dari pasar oligopoli

Pasar Oligopoli
Pasar oligopoli adalah suatu bentuk interaksi permintaan dengan penawaran dimana terdapat penjual / produsen yang menguasai permintaan pasar.
Ciri-ciri pasar oligopoli:
1.            Terdapat banyak penjual/ produsen ya ng menguasai pasar
2.           Barang yang dijual dapat berupa brang homogen atau berbeda corak
3.           Terdapat halangan masuk yang cukup kuat bagi perusahaan di luar pasar untuk masuk kedalam pasar. Satu diantara para oligopolis merupakan market leader yaitu penjual yang mempunyai pangsa pasar terbesar.
Macam-macam oligopoli:
1.            Oligopoli murni yang ditandai beberapa perusahaan yang menjual produk homogen.
2.           Oligopoli dengan perbedaan yang ditandai beberapa perusahaan menjual produk yang dapat dibedakan.
Dampak negatif oligopi terhadap perekonomian:
1.            Keuntungan yang yang terlalu besar bagi produsen dalam jangka panjang
2.           Timbul inifisiensi produksi
3.           Eksploitasi terhadap konsumen dan karyawan perusahaan
4.           Harga tinggi yang relatif stabil (sulit turun) menunjang inflasi yang kronis
5.           Kebijakan pemerintah dalam mengatasi oligopoli
6.           Pemerintah mempermudah masuknya perusahaan baru untuk masuk kepasar untuk menciptakan persaingan
7.           Diberlakukannya undang-undang anti kerja sama antar produsen

0 komentar:

Posting Komentar

 
Fendi Pandu Aditya © 2011 | | Template Blogger Name | | Template Transparent | 2.0