Peran UNIVERSITAS GUNADARMA DALAM PELESTARIAN NILAI-NILAI BUDAYA

Kamis, 26 April 2012

Peran UNIVERSITAS GUNADARMA DALAM PELESTARIAN NILAI-NILAI Budaya





NAMA           : Fendi pandu aditya
KELAS          : 1KA33
NPM               : 17111971







SISTEM INFORMASI
UNIVERSITAS GUNADARMA 
2012

Mata Kuliah  :  Ilmu Budaya Dasar
Dosen : Muhammad Burhan Amin

Topik Makalah

Peran UNIVERSITAS GUNADARMA DALAM PELESTARIAN
NILAI-NILAI Budaya

Kelas  :  1-KA33

Tanggal Penyerahan Makalah           : 27 April 2012
Tanggal Upload Makalah                  :  28 April 2012

 

P E R N Y A T A A N


Dengan ini saya menyatakan bahwa seluruh pekerjaan dalam penyusunan makalah ini saya buat sendiri tanpa meniru atau mengutip dari tim / pihak lain.

P e n y u s u n


N P M
Nama Lengkap
Tanda Tangan
17111971
Fendi Pandu Aditya



 

 

UNIVERSITAS GUNADARMA


KATA PENGANTAR

Dengan mengucap puji syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa atas berkat dan karuniaNya kepada saya sehingga dapat memyelesaikan tugas Ilmu Budaya Dasar berupa makalah ini.
Ilmu budaya adalah Ilmu yang mempelajari tentang pengetahuan dasar dan umum mengkaji hubungan tentang masalah-masalah manusia dan kebudayaan. Dimana Ilmu Budaya Dasar ini memiliki harapan agar setiap individu memiliki tanggung jawab terhadap hal-hal yang terjadi di lingkungannya maupun di luar lingkungan sekitarnya. Maka itu bagi setiap individu khususnya mahasiswa yang sedang mempelajari Ilmu Budaya Dasar diharapkan ikut berperan aktif dengan pemerintah bersama lembaga pendidikan dalam pelestarian kebudayaan di Indonesia agar tidak tergerus oleh kebudayaan asing yang masuk. Pada intinya tujuan pembuatan makalah ini yaitu menambah pengetahuan dan wawasan tentang Peran Universitas Gunadarma dalam pelestarian nilai-nilai budaya.

Sebagai penulis saya menyadari terdapat kendala yang harus di hadapi dalam pembuatan makalah ini. Maka dari itu saya mengucapkan terima kasih kepada:

  1. Tuhan Yang Maha Esa atas Rahmat dan KaruniaNya sehingga tugas makalah ini dapat selesai tepat waktu walaupun terdapat kendala.
  2. Orang tua yang telah memberikan dukungan moril dan material.
  3. Bapak Muhammad Burhan Amin selaku dosen pengajar Ilmu Budaya Dasar yang telah memberi ilmunya sehingga penulis dapat membuat makalah ini.
  4. Seluruh pihak yang berpartisipasi selama penulisan makalah ini.

Penulis menyadari bahwa makalah ini jauh dari sempurna, oleh karena itu kritik dan saran dari semua pihak yang bersifat membangun selalu penulis harapkan demi kesempurnaan makalah ini.

Akhir kata, penulis sampaikan terima kasih kepada semua pihak yang telah berperan serta dalam penulisan makalah ini dari awal sampai akhir.


                    Hormat saya,



Fendi Pandu Aditya



DAFTAR ISI



Pernyataan .................................................................................................................             i
Kata pengantar ...........................................................................................................            ii
Daftar isi .....................................................................................................................           iii
Bab I pendahuluan
1.1 Latar belakang ......................................................................................                  1
1.2 Tujuan ...................................................................................................                  1
1.3 Sasaran .................................................................................................                  2
Bab II Permasalahan
1.      Strenght (kekuatan) .....................................................................................           3
2.      Kelemahan (Weakness) ...............................................................................           4
3.      Kesempatan (Oppurtunity) ...........................................................................          4
4.      Tantangan/Hambatan (Threats) .....................................................................          4
Bab III Kesimpulan dan Rekomendasi ............................................................................          5
Referensi ...........................................................................................................................       6








BAB I
PENDAHULUAN

1.1  Latar belakang
Arus globalisasi yang seiring dengan perkembangan Ilmu pengetahuan dan Teknologi (IPTEK), telah mengubah wajah dunia saat ini. Akibatnya bukan hanya jarak yang terasa dekat, tapi juga sekat-sekat antar kebudyan dan peradaban semakin tipis.
Dari perkembangan tersebut, interaksi antar kebudayaan semakin intensif. Namun persoalannya, terjadi hegemoni terhadap satu kebudayaan terhadap kebudayaan lainnya. Demikian, terjadi pengikisan terhadap budaya tradisional (folk culture). Parahnya, masyarakat kita mengalami “culture shock” dimana terjadi kekacauan budaya dari konfrontasi antar budaya.

Pendidikan untuk memanusiakan manusia secara filosofis dan mencerdaskan kehidupan bangsa secara normatif. Sebagai sebuah prose, tentu tidak dilihat dalam waktu singkat. Pendidikan adalah investasi jangka panjang bagi sebuah bangsa. Berhasil tidaknya proses pendidikan akan mempengaruhi martabat bangsa dimata bangsa lainnya.

Karena itu penulis mencoba untuk membahas “Peran Universitas Gunadarma dalam Pelestarian Nilai-Nilai Budaya”. Universitas sebagai lembaga pendidikan tak bisa di pisahkan dengan mahasiswa. Dimana mahasiswa memiliki kedudukan dan peranan penting dalam pelestarian seni dan budaya daerah.

1.2  TUJUAN
Tujuan utama makalah ini yang berjudul Peran Universitas Gunadarma dalam Pelestarian Nilai-Nilai Budaya adalah untuk memberikan informasi dan wawasan terhadap masyarakat yang menbaca makalah ini khususnya mahasiswa yang mempelajari Ilmu Budaya Dasar agar dapat mengetahui pentingnya peran kebudayaan pada kehidupan sehari-hari dan juga:
  • Memberikan informasi kepada mahasiswa/i Universitas Gunadarma tentang pelestarian nilai-nilai budaya 
  • Menjelaskan pentingnya peran Universitas Gunadarma dalam pelestarian nilai-nilai budaya.
  • Menambah wawasan dan informasi penulis maupun pembaca.
  • Menghargai nilai budaya yang sudah ada serta mempertanggung jawabkan.
  • Mengamalkan pola budaya yang dianut pada kehidupan sehari-hari.
1.3  SASARAN
Adapun sasaran pembuatan makalah berjudul peran Universitas Gunadarma dalam pelestarian nilai-nilai budaya ini agar semua pembaca makalah ini memahami peran Universitas Gunadarma dalam melestarikan nilai-nilai budaya khususnya budaya daerah dan mengetahui apa saja kontribusinya.Dan bagi mahasiswapun perlu diingtkan bahwa untuk memperkokoh suatu budaya lokal bangsa sangat dibutuhkan bantuan mereka,karena mahasiswalah satu-satunya penerus dalam membudidayakan kesenian yang dimiliki Indonesia setelah di tinggalkan oleh nenek moyang kita agar kebudayaan yang kita miliki tidak akan pernah punah sampai kapanpun dan akan terus berkembang dan dilestarikan oleh bangsa kita.



















BAB II
PERMASALAHAN

Kebudayaan lokal Indonesia yang beranekaragam menjadi suatu kebanggaan juga tantangan untuk mempertahankan, mewarisi, serta melestarikannya kepada generasi selanjutnya. Budaya lokal Indonesia sangat membanggakan karena memiliki keanekaragaman yang sangat bervariasiserta memiliki keunikan tersendiri.Masuknya budaya asing merupakan salah satu faktor yang menyebabkan budaya lokal dilupakan dimasa sekarang ini. Masuknya budaya asing ke suatu negara sebenarnya merupakan hal yang wajar, asalkan budaya tersebut sesuai dengan kepribadian bangsa. Namun pada kenyataannya budaya asing mulai mendominasi sehingga budaya lokal mulai dilupakan.Faktor lain yang menjadi masalah adalah kurangnya kesadaran masyarakat akan pentingnya peranan budaya lokal. Budaya lokal adalah identitas bangsa.
Pendidikan merupakan salah satu aspek kehidupan yang merupakan usaha manusia untuk menjembatani individu yang baru lahir dengan masyarakat lingkungannya. Makin maju dan berkembang masyarakat tersebut maka jarak antara individu yang baru lahir dengan masyarakat menjadi semakin jauh, sehingga diperlukan usaha yang lebih tanggung untuk menjembataninya. Peran Universitas Gunadarma adalah dengan memberikan mata kuliah soft skill tentang kebudayaan dan sosial terhadap mahasiswanya.
Adapun kekuatan yang dimiliki Universitas Gunadarma setelah perubahan terjadi dan ada pula kelemahan, peluang dan tantangan yang terlihat. Hal tersebut dapat dijelaskan sebagai berikut menggunakan analisis SWOT:

1.         Strenght (Kekuatan)
  1. Usaha sadar untuk mengembangkan dan kemampuan peserta didik oleh Universitas Gunadarma, berupa pengajaran mata kuliah soft skill ilmu budaya dan sosial.
  2. Tujuan dari pada Universitas Gunadarma sesuai dengan tujuan pendidikan nasional adalah mencerdaskan kehidupan bangsa dan mengembangkan manusia Indonesia seutuhnya, yaitu manusia yang beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan berbudi luhur, memiliki pengetahuan dan terampilan.
  3. Dalam menyelenggarakan pendidikan Universitas Gunadarma memiliki tenaga pengajar dan pendidik berkompetensi. Tenaga pengajar sangat penting peranannya disamping ada juga untuk pendukung seperti sarana, kesejahteraan, kurikulum dan sistem penilaian.

2.         Kelemahan (Weakness)
  1. Tidak ada pembentukan dan pemanfaatan Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) maupun seminar yang berkaitan dengan budaya daerah oleh Universitas Gunadarma.
  2. Seringkali ada jurang pemisah antara generasi tua dan muda, terutama dalam hal pendapat, dosen sebagai penjembatan jurang pemisah dengan membebaskan keterkaitan murid pada masa ini dan mampu memandang jauh kedepan.
  3. Tidak adanya jurusan yang bisa membantu pelestarian budaya daerah.

3.         Kesempatan (Oppurtunity)
a.       Otonomi Perguruan Tinggi, tidak lagi tergantung pada pemerintah pusat, Perguruan Tinggi mampu menunjukan arah kemana peran budaya daerah dalam memajukan pendidikan sekaligus melestarikan budaya tersebut.
b.      Indonesia dipandang dunia Internasional karena keanekaragaman budayanya. Apabila budaya lokal dapat dijaga dengan baik, Indonesia akan di pandang sebagai negara yang dapat mempertahankan identitasnya di mata Internasional. Sehingga banyak bangsa asing yang belajar kebudayaan kita dengan menuntut ilmu di lembaga pendidikan negara Indonesia.
c.       Mulai maraknya pemberian beasiswa dengan sistem pertukaran pelajar. Ini dapat membuka jalan bagi budaya yang akan dibawa oleh mahasiswa ke negara yang dituju untuk menuntut ilmu.

4.         Tantangan/Hambatan (Threats)
  1. Kurang perhatiaannya Universitas Gunadarma terhadap budaya yang ada sehingga ketika budaya asing masuk melalui peserta didik.
  2. Semakin pudarnya nilai-nilai solidaritas sosial, keramahtamahan sosial dan rasa cinta tanah air yang pernah dianggap sebagai kekuatan pemersatu dan ciri khas bangsa Indonesia serta semakin menguatnya nilai-nilai materialisme.
  3. Kesadaran mahasiswa untuk menjaga budaya lokal sekarang ini terbilang rendah. Mahasiswat cenderung lebih memilih budaya asing yang lebih praktis dan sesuai dengan perkembangan jaman. Padahal budaya lokal juga dapat disesuaikan dengan perkembangan jaman, tetepi tidak meninggalkan ciri khas dari budaya itu sendiri.


BAB III
KESIMPULAN DAN REKOMENDASI


  1. Kesimpulan
a.       Tujuan dari pada Universitas Gunadarma sesuai dengan tujuan pendidikan nasional adalah mencerdaskan kehidupan bangsa dan mengembangkan manusia Indonesia seutuhnya, yaitu manusia yang beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan berbudi luhur, memiliki pengetahuan dan terampilan.
b.      Pemerintah harus berperan aktif dan mendorong lembaga pendidikan terus melestarikan serta mengembangkan kebudayaan Indonesia sehingga budaya memperkokoh ketahanan dan dikenal oleh masyarakatnya sendiri maupun masyarakat dunia.
c.       Mulai maraknya pemberian beasiswa dengan sistem pertukaran pelajar. Ini dapat membuka jalan bagi budaya yang akan dibawa oleh mahasiswa ke negara yang dituju untuk menuntut ilmu.
  1. REKOMENDASI
                     a.         Harus sering mengadakan seminar yang bertemakan kebudayaan daerah agar peserta didik dengan kesibukan menuntut ilmunya masih ada waktu untuk mengenal dan melestarikan budaya.
                     b.         Membentuk UKM yang berkaitan dengan pelestariaan budaya seperti kegiatan lainnya.
                     c.         Membuka jurusan perkuliahan yang bisa menjadi bentuk salah satu pelestarian nilai-nilai budaya seperti sastra Jawa, Sunda, dan sebagainya.
                     d.         Harus dibentuk suatu forum diskusi antara mahasiswa dan dosen untuk menyamakan sikap dan berbagi pendapat dan penilaian terhadap budaya sehingga nantinya tidak ada jurang pemisah lagi.





REFERENSI








0 komentar:

Posting Komentar

 
Fendi Pandu Aditya © 2011 | | Template Blogger Name | | Template Transparent | 2.0